Minggu, 21 Oktober 2012

Beberapa Sifat Periodik Unsur



1.       Jari-jari atom
Jari-jari atom adalah jarak antara inti atom dengan elektron di kulit paling luat.
-          Secara periode dari kiri ke kanan (1 periode) makin ke kanan muatan inti semakin besar menyebabkan gaya tarik inti terhadapa elektron terluar semakin besar sehingga jari-jari atom mengecil, jadi dalam satu periode jari-jari atom semakin mengecil.
-          Dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari atom makin besar sebab makin ke bawah jari-jari atom semakin banyak sehingga jari-jari atom makin besar.
2.       Energi ionisasi
Enetgi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron yang terluar.
-          Dari kiri ke kanan dalam satu periode energi ionisasi makin besar sebab makin ke kanan jari-jari atom makin kuat daya tarik inti terhadap elektron terluar makin kuat maka elektron makin sukar lepas sehinngga dari kiri ke kanan energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron makin besar.
-          Makin ke bawah letaknya, makin kecil energi ionisasinya. Sebab makin ke bawah jari-jari atom makin besar gaya tarik inti terhadap elektron terluar makin lemah maka elektron makin mudah lepas sehingga dari atas ke bawah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron makin kecil.
3.       Afinitas elektron
Afinitas elektron adalah energi yang dibebaskan, jika suatu atom menangkap elektron dan berubah menjadi ion negatif.
-          Dari kiri ke kanan dalam satu periode jari-jari atom makin kecil, gaya tarik menarik inti terhadap elektron yang dibebaskan makin besar.
-          Dalam 1 golongan dari atas ke bawah jari-jari atom makin besar, gaya tarik inti terhadap elektron terluar makin kecil, elektron makin sukar ditangkap shingga energi makin kecil.
4.       Keelektronegatifan

Keelktronegatifan adalah kecenderungan suatu atom mengakap electron dan berubah menjadi ion negatif.
-          Dari kiri ke kanan keelektronegatifan makin besar.
-          Dari atas ke bawah keelektronegatifan makin kecil


dsumber :: buku catatan smk saya



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar